Efektivitas Konseling Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Self Efficacy Pada Siswa Korban Bullying

Penulis

  • Baiq Anggun Karismawati IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/taujih.v2i1.1228

Kata Kunci:

Bullying, Self Efficacy, Cognitive Behavior Therapy

Abstrak

Bullying bukan masalah asing bagi siswa, dampak perilaku bullying dapat di rasakan oleh diri sendiri dan berimbas kepada orang lain, seperti sering menyendiri, tidak suka bergaul, dan merasa takut. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya bullying adalah self efficacy rendah, self efficacy adalah hasil dari proses kognitif berupa keputusan, keyakinan atau pe ngharapan sejauh mana seseorang memperkirakan kemampuan dirin  ya dalam melaksanakan tindakan tertentu untuk mencapai hasil yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis Pretest multiple postest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa kelas VIII di MTsS NWDI Sakra, Sampel yang digunakan adalah 7 orang dari jumlah populasi 30 siswa. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan 2 angket, angker bullying dengan reailitas (0,96) dan angket self efficacy dengan reabilitas (0,80). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Repeated Measures anava. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa cognitive behavior therapy efektif digunakan dalam meningkatkan self efficacy kelas VIII MTsS NWDI Sakra, hal ini dapat dilihat dari F= 205.38 dengan signifikasi < 0.05.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Karismawati, B. A. (2023). Efektivitas Konseling Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Self Efficacy Pada Siswa Korban Bullying. At-Taujih: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 46–57. https://doi.org/10.37216/taujih.v2i1.1228

Terbitan

Bagian

Articles