Efektifitas Penerapan Strategi Scaffolding dalam Pembelajaran Mufrodat untuk Siswa Kelas 10 di Madrasah Aliyah Islam
DOI:
https://doi.org/10.37216/lughatuad-dhat.v6i1.2551Kata Kunci:
Cooperative Learning, Learning Strategies, Studying Arabic, mufrodat learningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan strategi scaffolding (dukungan bertahap) dalam pembelajaran mufrodat (kosakata) pada siswa kelas X Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang diajar menggunakan strategi scaffolding, dan kelompok yang diajar dengan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta tes pre-test dan post-test, yang dianalisis menggunakan program SPSS, termasuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik antara skor rata-rata pasca-tes kelompok eksperimen (82,80) dan kelompok kontrol (58,97), dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa strategi scaffolding efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran kosakata. Analisis N-Gain menunjukkan tingkat peningkatan yang rendah, namun tetap mencerminkan kemajuan dalam pemahaman dan retensi kosakata siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi scaffolding memfasilitasi pembelajaran yang bertahap dan berkelanjutan serta meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami dan menerapkan kosakata dalam konteks yang bermakna.
Kata Kunci: strategi scaffolding, pembelajaran mufrodat, kelas X, Madrasah Aliyah, ZPD, Vygotsky.