استخدام ملصقات العربية في ديناميكيات الثقافة الرقمية لطلاب تعليم اللغة العربية

The Use of Arabic Stickers in the Digital Culture Dynamics of Arabic Language Education Students

Authors

  • Aprilya Laras Universitas Islam Negri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37216/lughatuad-dhat.v6i1.2534

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan jenis stiker berbahasa Arab yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dalam komunikasi digital, serta menggali persepsi mereka terhadap peran stiker tersebut dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya penggunaan stiker bernuansa Arab dalam ruang percakapan digital mahasiswa, yang tidak hanya menjadi alat ekspresi visual tetapi juga sarana pembentukan identitas kebahasaan dan religius. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi dokumen terhadap kumpulan stiker dari aplikasi WhatsApp yang digunakan mahasiswa secara alami. Analisis data dilakukan secara tematik untuk menemukan pola penggunaan, fungsi, serta konteks kultural dan edukatif dari stiker tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stiker digunakan dalam berbagai fungsi, mulai dari ekspresi spiritual, etika berbahasa, apresiasi, hingga humor lokal yang ditulis dalam aksara Arab. Implikasinya, penggunaan stiker ini berkontribusi terhadap proses pembelajaran bahasa Arab secara informal, menciptakan kedekatan emosional dan kebiasaan linguistik yang potensial untuk dimanfaatkan dalam strategi pembelajaran kontekstual. Nilai orisinal dari penelitian ini terletak pada pendekatannya yang memadukan analisis linguistik, dinamkia budaya digital, dan simbolik terhadap artefak komunikasi yang sebelumnya jarang dijadikan objek studi dalam pendidikan bahasa Arab.

Kata kunci: Stiker Bahasa Arab 1, Budaya Digital 2, Mahasiswa 3

Downloads

Published

2025-07-07

How to Cite

Laras, A. (2025). استخدام ملصقات العربية في ديناميكيات الثقافة الرقمية لطلاب تعليم اللغة العربية: The Use of Arabic Stickers in the Digital Culture Dynamics of Arabic Language Education Students. Lughatu Ad-Dhat, 6(1), 84–100. https://doi.org/10.37216/lughatuad-dhat.v6i1.2534