Konsep Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Numerasi Bermuatan HOTS di Sekolah Dasar

Authors

  • Monalisa Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Liliana Agusfrina Nasution Universitas Negeri Medan
  • Hernita Hernita Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.952

Keywords:

Asesmen Kompetensi Minimun; Soal Literasi Numerasi; HOTS

Abstract

Abstrak

Penyelengaaraan ujian nasional diganti menjadi asesmen kompetensi seiring dengan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan bagian dari asesmen kompetensi yang diselenggarakan di Sekolah Dasar. Kompetensi minimum adalah kompetensi yang paling mendasar yang harus dimiliki oleh siswa, seperti literasi numerasi. Kemampuan literasi numerasi pada AKM diukur dengan instrumen tes yang berisi soal-soal bermuatan LOTS, MOTS, maupun HOTS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep soal AKM bagian literasi numerasi yang bermuatan HOTS (High Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk soal AKM literasi numerasi adalah pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, esai, dan jawaban singkat dengan konten atau materi yaitu bilangan, pengukuran dan geometri, data, serta aljabar. Konteks soal literasi numerasi berfokus pada konteks personal dan konteks sosial budaya dengan level kognitif 1 sampai dengan 3. Level 3 atau penalaran yang mencakup dimensi menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6) merupakan level berpikir tinggi atau HOTS. Soal numerasi bermuatan HOTS mendorong siswa untuk bernalar terhadap setiap persoalan. Persentase distribusi soal HOTS pada AKM literasi numerasi di kelas V adalah 20% dari total 30 soal literasi numerasi.

Kata kunci: Asesmen Kompetensi Minimun; Soal Literasi Numerasi; HOTS

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Sinaga, M., Agusfrina Nasution, L., & Hernita, H. (2023). Konsep Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Numerasi Bermuatan HOTS di Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 26–35. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.952

Issue

Section

Articles