Pengembangan Game Tebak Gambar Keberagaman Budaya Indonesia untuk Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.924Keywords:
Media pembelajaran ; game tebak gambar keberagaman budaya Indonesia ; keterampilan berbicara siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan game tebak gambar keberagaman budaya indonesia untuk keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 17 Rambang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Research and Develovment /R & D. Model pengembangan yang digunakan adalah kombinasi antara model sekuensial linier dan model evaluasi Tessmer. Hasil penelitian menunjukan bahwa, berdasarkan hasil uji kevalidan, persentase validasi materi sebesar 80%, persentase validasi media dan desain sebesar 80,6%, serta persentase validasi RPP dan latihan soal sebesar 93,8 % serta persentase gabungan sebesar 84,8 %. Artinya berdasarkan kriteria validitas terlihat bahwa game tebak gambar Keberagaman Budaya Indonesia yang peneliti kembangkan adalah “Cukup Valid”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa game Keberagaman Budaya Indonesia “Valid atau layak” digunakan untuk menilai keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan hasil uji kepraktisan, produk game tebak gambar yang peneliti kembangkan memperoleh hasil praktikalitas menurut respon siswa sebesar 3,5, menurut respon guru sebesar 3,7, serta praktikalitas gabungan sebesar 3,6. Berdasarkan kriteria praktikalitas, hasil praktikalitas gabungan yang didapatkan tersebut terlihat bahwa game tebak gambar Keberagaman Budaya Indonesia untuk keterampilan Berbicara menurut respon siswa kelas IV.B maupun respon guru kelasnya adalah “Praktis”, artinya dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game tebak gambar Keberagaman Budaya Indonesia ini “Praktis” untuk keterampilan bicara siswa. Berdasarkan hasil uji keefektifan, produk game tebak gambar yang peneliti kembangkan memperoleh hasil efektifitas gabungan sebesar 3,6. Berdasarkan kriteria efektifitas, hasil efektifitas gabungan yang didapatkan tersebut terlihat bahwa game tebak gambar Keberagaman Budaya Indonesia untuk keterampilan Berbicara adalah “Efektif”, artinya dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game tebak gambar Keberagaman Budaya Indonesia ini “Efektif” digunakan untuk menilai keterampilan bicara siswa.