Metode Token Ekonomi Dalam Membantu Mengurangi Sikap Emosional Dan Agresif Pada Siswa

Authors

  • Nindy Amita Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.826

Keywords:

Kata Kunci: Token Economy, Emosional, Agresif

Abstract

Kemampuan anak dalam menaati peraturan dan mampu mengelola emosi serta perilaku adalah hal yang sangat di idamkan oleh guru atau orang tua. Namun, saat anak merasakan marah, perlu untuk diajarkan dalam mengeskpresikan emosi serta memvalidasi emosi anak dengan cara yang tepat. Anak yang cukup agresif sehingga mempengaruhi sikap dan perilaku perlu mendapatkan penanganan, salah satunya adalah teknik token economy. Penelitian ini bertujuan dalam membantu mengurani sikap emosional serta agresif anak di sekolah dan di rumah. Subjek penelitian adalah seorang anak berusia 9 tahun, kelas 3 sekolah dasar swasta. Peneliti melakukan observasi dan melakukan tes intelegensi kepada subjek sebelum diberikannya perlakuan. Penelitian menggunakan dilakukan menggunakan single case dengan teknik eksperimen menggunakan desain penelitian A-B. Hasil penelitian ini mendapatkan adanya perubahan sikap agresif verbal dan fisik yang dilakukan anak serta adanya pembangkangan di rumah dan di sekolah. Metode token economy dapat digunakan oleh guru dan orang tua dalam mengurangi perilaku agresif anak dengan cara melakukan modifikasi proses pemberian perlakuan.

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Nindy Amita. (2025). Metode Token Ekonomi Dalam Membantu Mengurangi Sikap Emosional Dan Agresif Pada Siswa. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 30–41. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.826