Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD

Authors

  • Gessri Aikasari Prodi PGSD Universitas PGRI Palembang
  • Adrianus Dedy Universitas PGRI Palembang
  • Putri Dewi Nurhasanah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.678

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Hypnoteaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan metode hypnoteaching dalam pembelajaran IPS siswa kelas V, mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V setelah diterapkannya metode hypnoteaching, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode hypnoteaching terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri 079 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 079 Palembang yang berjumlah 58 siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas V SD yang berjumlah 58 siswa, dan sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi yang berjumlah 58 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi untuk memperoleh data penerapan metode hypnoteaching, hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik, selanjutnya metode tes objektif untuk memperoleh data hasil belajar aspek kognitif, dan metode dokumentasi untuk memperoleh data berupa foto kegiatan pembelajaran. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t-test polled varian serta analisis lembar observasi hasil belajar afektif dan psikomotorik. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa setelah menggunakan metode hypnoteaching meningkat dan lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvesional, hal ini terlihat pada rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 75,17 sedangkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 85,51 yang artinya meningkat sebesar 8,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode hypnoteaching dengan hasil belajar IPS yang diperoleh siswa kelas V SD Negeri 079 Palembang tahun pelajaran 2021/2022. Dengan kontribusi metode hypnoteaching mempengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 079 Palembang sebesar 9,6%.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Hypnoteaching

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Aikasari, G. ., Dedy, A., & Nurhasanah, P. D. . (2022). Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 236–245. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.678

Issue

Section

Articles