Pelaksanaan Pembelajaran Pada Anak Tuna Grahita (Disabilitas Intelektual) Di Sekolah Luar Biasa Pangkalpinang

Authors

  • Wisnu Saputra UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v3i2.505

Abstract

Penelitian ini diawali oleh permasalahan yang peneliti temukan saat berada dilapangan yaitu di kelas V Sekolah Luar Biasa Pangkalpinang. Peneliti melihat dan mengamati secara seksama bahwa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia adanya kesulitan yang dialami guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik tunagrahita karena situasi peserta didik yang berbeda ari yang lainnya. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada anak tunagrahita,(2) Kendala apa saja yang dihadapi guru, (3) Bagaimana upaya guru mengatasi kendala tersebut. Penggunaan metode dalam peneletian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan peserta didik kelas V Tuna Grahita (Disabilitas Intelektual). Proses pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Downloads

Published

2021-12-16

How to Cite

Wisnu Saputra. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pada Anak Tuna Grahita (Disabilitas Intelektual) Di Sekolah Luar Biasa Pangkalpinang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 82–91. https://doi.org/10.37216/badaa.v3i2.505

Issue

Section

Articles