Pengembangan Media Big Book Terhadap Kemampuan Memprediksi Bacaan Cerita Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rora Rizky Wandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nirwana Anas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Emeliya Sukma Dara Damanik Universitas Islam Raden Rahmat
  • Melani Albar Universitas Islam Negeri Sumatera
  • Maya Rani Sinaga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v2i1.287

Keywords:

Pengembangan; Media, Big book; Memprediksi Bacaan cerita; Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pengembangan big book terhadap kemampuan mempredikksi bacaan cerita siswa kelas III di SD Muhamadiyah 28 Medan. Dari hasil analisis menggunakan uji Shapiro-Wilk, uji Wilcoxon,dan uji hipotesis Mann-Whitiney dengan taraf signifikasi ∝= 0.05. Temuan dalam penelitian ini membuktikan bahwa pengembangan media big book terhadap kemampuan memprediksi bacaan cerita siswa tersebut dinyatakan layak dan dapat digunakan dilhat dari hasil validasi ahli isi dan ahli media dengan skor 76%, media ini juga dinyatakan praktis dalam penggunaannya dilihat dari 14 kriteria dengan persentase 85,71% dan penggunaan media big book ini juga sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan memprediksi bacaan cerita siswa kelas III di SD Muhamdiyah 28 Medan dengan persentase 92,6% pada sampel dan 87,5% pada guru pada taraf  Asym Sig 0,001 < dari taraf signifikasi 0,05. Sebagai hasil akhir dilakukan uji hipotesis Mann-Whitney dengan hasil signifikasi 0,002 sehingga, berdasarkan kriteria pengambilan keputusan H0 ditolak dan Ha diterima

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Wandini, R. R., Anas, N., Dara Damanik, E. S., Albar, M., & Sinaga, M. R. (2020). Pengembangan Media Big Book Terhadap Kemampuan Memprediksi Bacaan Cerita Siswa Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 108–124. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i1.287

Issue

Section

Articles