Hubungan Self-Efficacy Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Fase C Sekolah Dasar

Authors

  • Fajriyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Arie Rakhmat Riyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andhin Dyas Fitriani Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terbatasnya kajian yang fokus pada hubungan self-efficacy dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di sekolah dasar, padahal kajian ini memiliki dampak signifikan terhadap proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara self-efficacy dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa fase C sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi dengan desain ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas V di salah satu sekolah di kabupaten Garut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa fase C sekolah dasar yang didukung dengan hasil uji korelasi yang memperoleh nilai sig. < 0,05 pada koefisien korelasi sebesar 0,674 menunjukan bahwa hubungan tersebut berada pada kategori kuat. Selain itu, diperoleh nilai t  hitung (4,995) > t tabel (2,042) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan uji koefisien determinasi sebesar 43.6%.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Fajriyah, Arie Rakhmat Riyadi, & Andhin Dyas Fitriani. (2025). Hubungan Self-Efficacy Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Fase C Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 42–53. Retrieved from https://www.jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/article/view/2170