Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 13 Trans Rangkang
Keywords:
Model JigsawAbstract
Kajian ini dimaksudkan untuk menganalisis dampak implementasi model Jigsaw mengenai prestasi akademik PKn murid kelas V SD 13 Trans Rangkang. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah rendahnya pencapaian nilai PKn sebagian besar siswa, yang disinyalir disebabkan oleh pendekatan pengajaran yang monoton dan kurang variatif. Penelitian ini memakai pendekatan eksperimen dengan rancangan satu kelompok uji awal dan akhir, melibatkan 27 peserta didik. Instrumen pengumpulan data dengan instrumen soal objektif yang dikerjakan sebelum dan setelah perlakuan pembelajaran. Pengolahan data dilakukan dengan metode T-test satu sampel. Temuan dari uji distribusi dan keseragaman data menyatakan bahwa data memenuhi asumsi normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis mengindikasikan bahwa terjadi peningkatan nyata dalam performa belajar siswa pasca implementasi model Jigsaw, ditunjukkan oleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka disimpulkan bahwa pendekatan Jigsaw berkontribusi positif terhadap peningkatan nilai PKn siswa V di SDN 13 Trans Rangkang.