Pengembangan Asesmen Literasi Sains Berbasis PISA untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Hasnawati Universitas Mataram
  • Muhammad Syazali
  • Gita Prima Putra

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1213

Keywords:

Asesmen, Literasi Sains, PISA

Abstract

Kemampuan literasi sains adalah salah satu kemampuan dasar yang penting untuk dimiliki guna menghadapi tantangan pendidikan abad 21. Namun selama ini kemampuan literasi sains masih jarang menjadi perhatian pendidik untuk di ukur dan diasah kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan asesmen Literasi Sains berbasis PISA untuk siswa sekolah dasar yang valid dan praktis serta reliabel. Jenis penelitian ini berupa penelitian dan pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari tahap define (Definisi), design (desain), develop (pengembanagn), dan disseminate (Penyebarluasan). Pada tahapan define peneliti mendefinisikan segala kebutuhan yang berkaitan dengan proses pengembangan dan mengumpulkan informasi terkait instrumen assesmen literasi sains berbasis PISA untuk siswa sekolah Dasar yang akan dikembangkan. Konsep kurikulum merdeka mengususng kemampuan literasi menjadi salah satu komponen penilaian, sehingga pendidik harus bisa mendesain (mendesign) dan mengembangkan (develop) berbagai instrumen asesmen yang layak  untuk mengukur itu. Instrumen literasi sains yang  dikembangkan berupa asesemen literasi sains yang memuat indikator literasi sains menurut PISA. Desain Instrumen yang akan dikembangkan berbentuk instrumen tes pilihan ganda yang berjumlah 20 item pertanyaan yang berisi muatan IPA.  Instrumen yang sudah dikembangkan selanjutkan di uji validitas ahli. Hasil uji validitas ahli menunjukkan semua item butir soal valid, sementara hasil uji reliabilitas di peroleh nilai r 0,74 > dari r tabel (0,70) yang menunjukkan instrumen tes tesebut reliabel dan terakhir hasil  uji kepraktisan diperoleh skor rata-rata sebesar 3,4 yang menunjukkan instruemn tesebut masuk pada katagori prakris. Tahap akhir penelitian yaitu yakni proses penyebarluasan produk pengembangan dan penelitian berupa instrumen asesemen Literasi Sains Berbasis PISA Untuk Siswa Sekolah Dasar. Produk ini akan didiseminasikan di kampus kepada mahasiswa semester akhir yang akan melakukan penelitian dan di sekolah  kepada guru-guru sekolah dasar serta di masyarakat pada umumnya. Mekanisme diseminasi yang akan dilakukan adalah melalui seminar, workshop dan publikasi pada jurnal nasional.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Hasnawati, Syazali, M., & Putra, G. P. (2024). Pengembangan Asesmen Literasi Sains Berbasis PISA untuk Siswa Sekolah Dasar . BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 240–250. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1213