Peningkatan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Topik Satuan Waktu Di Kelas II SDN Gedangsewu III Kabupaten Kediri

Authors

  • Adi Wahyu Hutomo Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Falistya Roisatul Mar’atin Nuro Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dwi Siswati SDN Gedangsewu III Kabupaten Kediri

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.1007

Keywords:

Project Based Learning; Kemampuan Numerasi; Satuan Waktu

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik kelas II SDN Gedangsewu III Kabupaten Kediri tahun ajaran 2022/2023 melalui penggunaan model Project Based Learning (PjBL) pada topik Satuan Waktu. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan secara kolaboratif selama 2 siklus, setiap siklus terdiri 2 pertemuan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Model Project Based Learning (PjBL) dilakukan dengan 6 (enam) sintaks pembelajaran. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, hasil produk, dan wawancara peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dihasilkan peningkatan kemampuan numerasi di siklus 1 dengan nilai n-gain 0,26  dan pada siklus II mendapatkan nilai n-gain 0,89. Dapat disimpulkan dari kedua nilai n-gain tersebut, penggunaan model Project Based Learning (PjBL) efektif dapat meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik.

Keywords: Project Based Learning; Kemampuan Numerasi; Satuan Waktu

 

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Hutomo, A. W., Roisatul Mar’atin Nuro, F., & Siswati, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Topik Satuan Waktu Di Kelas II SDN Gedangsewu III Kabupaten Kediri. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 99–108. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.1007

Issue

Section

Articles