Peningkatan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Topik Satuan Waktu Di Kelas II SDN Gedangsewu III Kabupaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.1007Keywords:
Project Based Learning; Kemampuan Numerasi; Satuan WaktuAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik kelas II SDN Gedangsewu III Kabupaten Kediri tahun ajaran 2022/2023 melalui penggunaan model Project Based Learning (PjBL) pada topik Satuan Waktu. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan secara kolaboratif selama 2 siklus, setiap siklus terdiri 2 pertemuan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Model Project Based Learning (PjBL) dilakukan dengan 6 (enam) sintaks pembelajaran. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, hasil produk, dan wawancara peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dihasilkan peningkatan kemampuan numerasi di siklus 1 dengan nilai n-gain 0,26 dan pada siklus II mendapatkan nilai n-gain 0,89. Dapat disimpulkan dari kedua nilai n-gain tersebut, penggunaan model Project Based Learning (PjBL) efektif dapat meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik.
Keywords: Project Based Learning; Kemampuan Numerasi; Satuan Waktu