Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2483Abstract
Orang tua adalah orang yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap pertumbuhan dan perkembangan kepribadian anak di rumah. Pola asuh orang tua terhadap perkembangan kepribadian dan kemandirian anak usia dini sangat menentukan prilaku dan karakter anak itu sendiri. Penelitian ini penulis susun untuk mengetahui gambaran pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan kepribadian anak usia dini. Lokasi penelitian ini dilakukan di RA Al-Manshuriyah Al-Ma’arief desa Bonder. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui tekhnik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan analisis data. Adapun hasil penelitian ini adalah : (1) Jenis pola asuh orang tua di RA Al-Manshuriyah Al-Ma’arief lebih dominan bersikap demokratis. Namun pola asuh otoriter juga sering digunakan untuk melakukan pembiasaan dan ketegasan terhadap anak usia dini. Adapun pola asuh permisif hanya digunakan oleh orang tua wali pihak laki-laki. (2) Bentuk kolaborasi orang tua dan guru dalam mengembangkan kepribadian anak usia dini di RA Al-Manshuriyah Al-Ma’arief ada dua teknik yang dapat dilakukan yaitu teknik komunikasi formal dan nonformal. Komunikasi formal dilakukan melalui surat, raport buku penghubung dan pertemuan wali murid sedangkan komunikasi nonformal dilakukan melalui grup whatsapp, sms/telepon dan buku penghubung, pertemuan wali.
References
Andhriana,L.T., & Tanjung,B.J. (2021). “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini”. Almufi Jurnal Pendidikan, 1 (3) 133-137
Elan, E., Handayani, S. (2023). “Pentingnya Peran Pola Asuh Orang Tua untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidkan Anak Usia Dini, 7(3) 2951-2960
Euis, S. (2024). Mengasuh Anak Dengan Hati. Jakarta: PT Elex Komputindo
Fitriyani, L. (2015). “Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak”. Lentera, 18 (1)
Fiyul, A.Y., Duryat, M. (2025). Kualitas Pendidikan di PAUD : Membangun Kapasitas Guru Untuk Mengembangkan Pembelajaran Berkualitas. Indramayu. PT Adab Indonesia
Jannah, H. (2012). “Bentuk Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Perilaku Moral pada Anak Usia Dini di Kecamatan Ampek Angkek”. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1 (2)
Khairani, K., & Putra, R. P. (2021) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Kepribadian Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish
Martisa, E., dkk. (2024). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Sumatra barat. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah
Muhandisah, Z., & Mubarok, F. (2021). “Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Kepribadian Islami Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal (RA) Hidayatus Sibyan Kandanghaur”. Islamic Studies Journal, 3 (1) 29-42
Sari, D. P., Saputra, H. H., & Affandi, L. H. (2022). “Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SDN 23 Ampenan”. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8 (1)
Sari, P., P., Sumardi., & Mulyadi, S. (2020). “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini”. Jurnal PAUD Agapedia, 4 (1), 157-170
Suyanto, B. (2009). Masalah Sosial Anak dan Remaja. Jakarta: Kencana
Wiajaya, H.U. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan, Makassar. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray
Yusu, S. & Sulaiman, B. (2024). “Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik”. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7 (9)
Zahriani, N., & Khadijah (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori dan Strateginya, Medan. Merdeka Kreasip
Zalmi, R., Y. (2019). Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak