Pengaruh Permainan Bead Stairs (Tangga Manik) Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Nia Fatmawati Universitas Lampung
  • Azizah Dwi Antika Universitas Lampung
  • Annisa Yulistia Universitas Lampung
  • Kisno Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.2370

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun belum sesuai dengan tahapan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bead stairs terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun yang dilaksanakan di TK PGRI 2 Batangharjo dan TK Pertiwi 6 Adiwarno. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 66 sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 43. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test memperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0.000<0.05 Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan pengaruh kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun yang bermain bead stairs dengan kemampuan berhitung anak yang tidak bermain bead stairs.

 

References

Ahmad, S. (2014). Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana.

Ananda, E. R., Irawan, W. H., & Abdusakkir. (2024). Strategi Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Berhitung Matematika Melalui Penggunaan Game Edukasi Kartu Pintar. Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1238–1252. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3634

Fadilah, A. R., & Fransiska, R. (2023). Pengaruh Permainan Mancala Terhaadap Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Harapan Kita Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 22841–22850. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/10216%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/10216/8212

Karimuddin Abdullah, Misbahul Jannah, Suryadin Hasda, Zahara Fadilla, Masita, Taqwin, Meilida Eka Sari, K. N. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Kurniawan, R., & Parnawi, A. (2023). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 184–195. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1148

Masruroh, I. K., Adhani, D. N., & Mayangsari, D. (2019). Pengaruh Permainan Angka terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 84–90. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.6142

Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Taerhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. 1(1), 29–40.

Naufal, H. (2021). Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152.

Nerita, S., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2023). Pemikiran Konstruktivisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Education and Development, 11(2), 292–297. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4634

Permatasari, R., & Hendratno. (2014). Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Krian IV Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Guru Sekoalh Dasar, 02(2), 1–8.

Pratiwi, R. D., Agama, I., & Negeri, I. (2021). Perbandingan Kemampuan Berhitung Antara Siswa yang Berasal dari TK dan Non TK di Sekolah Dasar INPRES 109 Kota Sorong. 3(2).

Ramadhani, A. S., Azizah, W., Selpiyani, Y., & Khadijah. (2022). Bentuk-bentuk Stimulasi Pada Anak Dalam Perkembangan Motorik Anak Usia Dini di RA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2360–2370. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5080

Romlah, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa. Jurnal Ilmiah Potensial, 1(2), 72–77.

Sari, D., & Abdullah, M. (2015). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 1(5), 1–7. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/14470

Winnawati, S., & Rochmah, L. I. (2024). Pop Up Bilangan Kreatifitas Belajar untuk Anak TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 18. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.705

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Fatmawati, N., Azizah Dwi Antika, Annisa Yulistia, & Kisno. (2025). Pengaruh Permainan Bead Stairs (Tangga Manik) Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 5(2), 175–181. https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.2370