Pengaruh Permainan Bead Stairs (Tangga Manik) Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.2370Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun belum sesuai dengan tahapan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bead stairs terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun yang dilaksanakan di TK PGRI 2 Batangharjo dan TK Pertiwi 6 Adiwarno. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 66 sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 43. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test memperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0.000<0.05 Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan pengaruh kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun yang bermain bead stairs dengan kemampuan berhitung anak yang tidak bermain bead stairs.
References
Ahmad, S. (2014). Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana.
Ananda, E. R., Irawan, W. H., & Abdusakkir. (2024). Strategi Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Berhitung Matematika Melalui Penggunaan Game Edukasi Kartu Pintar. Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1238–1252. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3634
Fadilah, A. R., & Fransiska, R. (2023). Pengaruh Permainan Mancala Terhaadap Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Harapan Kita Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 22841–22850. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/10216%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/10216/8212
Karimuddin Abdullah, Misbahul Jannah, Suryadin Hasda, Zahara Fadilla, Masita, Taqwin, Meilida Eka Sari, K. N. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Kurniawan, R., & Parnawi, A. (2023). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 184–195. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1148
Masruroh, I. K., Adhani, D. N., & Mayangsari, D. (2019). Pengaruh Permainan Angka terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 84–90. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.6142
Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Taerhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. 1(1), 29–40.
Naufal, H. (2021). Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152.
Nerita, S., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2023). Pemikiran Konstruktivisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Education and Development, 11(2), 292–297. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4634
Permatasari, R., & Hendratno. (2014). Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Krian IV Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Guru Sekoalh Dasar, 02(2), 1–8.
Pratiwi, R. D., Agama, I., & Negeri, I. (2021). Perbandingan Kemampuan Berhitung Antara Siswa yang Berasal dari TK dan Non TK di Sekolah Dasar INPRES 109 Kota Sorong. 3(2).
Ramadhani, A. S., Azizah, W., Selpiyani, Y., & Khadijah. (2022). Bentuk-bentuk Stimulasi Pada Anak Dalam Perkembangan Motorik Anak Usia Dini di RA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2360–2370. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5080
Romlah, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa. Jurnal Ilmiah Potensial, 1(2), 72–77.
Sari, D., & Abdullah, M. (2015). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 1(5), 1–7. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/14470
Winnawati, S., & Rochmah, L. I. (2024). Pop Up Bilangan Kreatifitas Belajar untuk Anak TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 18. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.705
Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656